Pabrik Arang Briket Di Pasuruan Jawa Timur dan Dimana Kita Menemukan Pabrik Arang Briket Di Pasuruan Jawa Timur?

 

Dimanakah kita bisa menemukan Pabrik Arang Briket di Pasuruan Jawa Timur? Berikut akan kami jelaskan sebelumnya mengenai briket arang, pengertian, fungsi dan peluang usaha dari arang tersebut.

 

Pabrik Arang Briket dan Fungsinya

Briket Arang atau yang lebih sering kita bilang arang briket adalah sebuah bahan bakar alternatif pengganti minyak yang dapat kita manfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak makanan dan lainnya. Di Indonesia sendiri kata “briket” masih identik dengan batubara. Ya, dulu briket masih banyak menggunakan batu bara sebagai bahan pembuatnya. Akan tetapi , sekarang briket dapat kita produksi dari bahan lain, seperti batok kelapa, limbah kayu, hingga sekam padi. Masing-masing jenis bahan pembuat briket tersebut memiliki tekstur dan karakternya masing-masing.

 

Briket Arang

 

Peluang Bisnis Usaha Arang Briket

Dengan harga BBM yang setiap tahun mengalami kenaikan bisa memberikan dampak yang cukup besar pada rakyat golongan bawah. Semakin tingginya harga BBM dan harga minyak membuat beberapa masyarakat mulai beralih menggunakan bahan bakar alternatif, seperti briket arang. Pemanfaatan briket batok kelapa sangatlah potensial apabila kita manfaatkan sebagai bahan bakar alternatif pengganti minyak tanah dan gas.

Seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali limbah dan sampah batok kelapa yang berserakan. Hal tersebut sangatlah tidak enak apabila kita pandang dan pastinya bisa menimbulkan berbagai hal negatif jika terus kita biarkan. Penumpukan limbah tempurung kelapa yang tidak terpakai ini membuat sebagian warga mulai tertarik membuat bahan bakar alternatif yang berupa briket arang menjadi energi alternatif terbarukan.

Pemanfaatan limbah tempurung kelapa menjadi langkah yang bagus untuk masyarakat agar dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil (minyak tanah dan gas LPG) maupun pemanfaatan bahan bakar kayu yang semakin hari semakin tinggi tingkat konsumsinya.

 

Strategi Pemasaran Arang Briket

Untuk awalan kita bisa menargetkan pasar lokal dan nasional terlebih dahulu. Cara yang efisien dan tepat untuk dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan pasar dalam negeri ialah dengan membuka sistem keagenan. Strategi semacam ini terbilang cukup efektif untuk memperluas jangkauan pemasaran lokal, selain itu kita juga bisa memperkenalkan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil kepada seluruh masyarakat. Sasaran pasar yang potensial adalah masyarakat pedesaan yang masih kesusahan mendapatkan bahan bakar minyak.

Selain menargetkan pasar lokal dan nasional, kita juga bisa menjajal pasar luar negeri dengan melakukan ekspor ke beberapa negara yang memiliki potensi besar. Selama ini sebagian besar para pengusaha pembuatan briket arang tempurung kelapa lebih memilih bermain di pasar ekspor untuk memasarkan produk mereka. Hal ini bukan tanpa alasan, strategi pemasaran ekspor lebih memilih para pengusaha briket karena tingkat kebutuhan pasar luar negeri cenderung cukup tinggi, yakni mencapai angka 80% setiap tahunnya.

Apabila kita repot bermain di pasar dalam negeri kita bisa mencoba bermain di pasar ekspor langsung. Anda dapat mencoba mengekspor Briket arang ke beberapa negara yang cukup potensial sebagai negara tujuan ekspor produk briket arang kita. Beberapa negara tujuan ekspor yang cukup potensial tersebut berada di kawasan Timur Tengah, Jepang, Korea, Australia, dan lainnya.

Hal utama yang harus kita perhatikan sebelum mencoba permintaan pasar ekspor adalah dengan menjaga kualitas produk yang kita jual. Salah satu caranya ialah dengan memastikan bahan baku benar-benar bersih dan terbebas dari bahan lain seperti serabut kulit kelapa. Hal ini berguna agar kualitas api yang kita hasilkan dapat sempurna.

Posted in

Manufacturer of Premium Briquettes Shisha & BBQ at Purbalingga (Central Java), Indonesia. Details at www.bosarang.com. For order you can direct contact our CEO at +62-818-897-897 (Mr.Hendra), thank you.

More Than a Charcoal

Post Tags :